Powered By Blogger

Rabu, 03 Juni 2015

E - Ugrat (English Upgrading Tour)
Disini saya akan bebagi pengalaman menarik tentang ekstrkulikuler MAN Debat Club (MDC) yang telah melaksanakan kegiatan E-Ugrat, Apa Itu E-Ugrat ? Silahkan Baca Artikel yaa Gu ys! ^_^
Berawal dari puluhan siswa/i MAN2 Batam yang merupakan anggota dari Man 2 Debate Club (MDC) mengikuti sleksi untuk kegiatan E-UGRAT atau English Upgrading Tour yang diadakan pada 28 Desember 2014 hingga 01 Januari 2015 , E-UGRAT itu sendiri adalah kegiatan Study Tour ke negara Singapura dan Malaysia, dimulai dari seleksi tertulis para peserta di tuntut untuk menulis artikel yang bertema tentang Indonesia, kemudian peserta yang lolos tes tertulis harus mengikuti tes wawancara (interview), kemudian dari puluhan peserta tersebut diambilah 15 terbaik sebagai peserta E-UGRAT, mereka yang terpilih adalah siswa yang dapat berbicara bahasa inggis serta memiliki pengetahuan luas tentang Indonesia dan negara yang akan di kunjungi.
Tak banyak kegiatan yang dilakukan pada hari pertama, kami berangkat dari Batam pada jam 14.00 WIB dan sampai di Johor Bahru pada jam 16.00 setelah check in kamar hotel Pembina kami Bapak Rizzal Muttaqin memberikan arahan tentang apa yang harus di lakukan pada esok hari, setelah pengarahan selesai kami istirahat setelah itu berjalan – jalan ringan dan berbelanja kebutuhan di sekitar wilayah hotel, setelah berjalan – jalan dan berbelanja kebutuhan kami pun bergegas tidur.
Hari ke- 2, 29 desember 2014 di Johor Bahru, kami bangun tepat pukul 05.00 AM waktu Malaysia , berkemas dan bersiap–siap pergi ke Singapura, kami menaiki bus dari Johor dan tiba di Singapura pada siang hari nya, setelah sampai di singapura kami segera pergi ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), setibanya di KBRI kami disambut dengan hangat oleh petugas yang bekerja di sana, bpk Prof. Dr. Ismunandar selaku Atase dalam bidang pendidikan Indonesia di Singapura memberikan arahan serta informasi yang berkaitan tentang pendidikan di mulai dari system pendidikan hingga informasi beasiswa yang dapat di peroleh oleh siswa Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan di Singapura, setelah berbincang cukup panjang tentang pendidikan hingga waktu pun harus menghentikan perbincangan kami, tak lupa melakukan sesi foto bersama dengan bpk Ismunandar dan anggota lain di depan gedung KBRI penyerahan cendramata dari MAN 2 kepada KBRI yang diwakilkan langsung oleh Kepala Madrasah Bpk Mulyanto S. Ag, setelah sesi foto bersama dan pemberian cendramata kami pun melanjutkan perjalanan kami ke Merlion park , sesampainya di Merlion kami berikan misi untuk membuat video tentang tempat tersebut, dengan membagi kelompok dimana satu kelompok terdiri dari 3 siswa, setiap kelompok membuat video dengan menggunakan bahasa inggris, setelah misi selesai kami pun melakukan makan siang dan segera bergegas kembali ke Johor mengambil barang di hotel dan langsung berangkat ke Kuala Lumpul (KL), setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 5 jam kami pun tiba di KL pada malam hari, sesampainya di KL kami langsung mencari taxi untuk pergi ke penginapan yang telah kami pesan, sampai di penginapan Pembina kami memberi arahan kembali untuk kegiatan yang akan dilaksanakan esok hari, setelah pengarahan selesai kami makan malam dan tidur.
Hari ke- 3, 30 desember 2014 di KL,bangun jam 05.00AM waktu Malaysia, mandi, solat, dan bersiap untuk melanjutkan kegiatan, tepat jam 08.00AM waktu Malaysia kami berangkat menggunakan LRT menuju Masjid Jame’ berkeliling dan belajar sejarah tentang salah satu Masjid yang cukup terkenal di Malaysia, setelah berkeliling masjid jame’ kami pun berjalan kaki menuju Dataran Merdeka, kami kembali diberi misi, misi kali ini yaitu, kami harus mencari 50 tanda tangan dari turis asing yang berada di Dataran Merdeka, turis dari Belanda, Turki, German, Australia, USA, hingga Brazil kami meminta tandatangan dan pendapat mereka tentang Malaysia, setelah berhasil dengan misi tersebut kami melanjutkan perjalanan kami menuju Pasar Seni, berbelanja buah tangan, berjalan jalan dan menikmati kuliner itulah kami lakukan di Pasar Seni Malaysia, setelah seluruh peserta selesai berbelanja, kami langsung melanjutkan perjalanan menuju Masjid Nasional Malaysia dengan agenda yang sama seperti di Masjid Jamek kami pun belajar tentang sejarah Masjid Nasional, setelah itu kamipun lanjutkan perjalanan menuju Taman Bunga untuk sekedar beristirahat dan berfoto – foto, setelah cukup beristirahat kami melanjutkan perjalanan menuju Museum Police Malaysia , belajar sejarah kepolisian Malaysia, melihat peninggalan sejarah serta menonoton flim tentang sejarah kepolisian di Malaysia, mulai dari gallery pertama hingga gallery terakhir kami berkeliling dan belajar, setelah selesai melihat lihat kami pun kembali ke penginapan dan beristirahat hingga sore hari, pada malam hari nya kami kebali berkeliling menuju Bukit Bintang, berbelanja berkeliling dan menikamati suasana malam hari di Malaysia, setelah letih berjalan – jalan kami pun pulang kepenginapan dan tidur.
Hari ke- 4, 31 desember di KL seperti hari hari sebelumnya kami bangun pagi, mendengarkan pengarahan dan melanjutkan perjalanan menuju Batu Caves, menaiki kurang lebih 250 tangga dan berfoto, mendengarkan sejarah singkat tempat ibadah kaum india tersebut, di sana kami menemukan banyak sekali burung merpati dan monyet yang berada di sekitar tempat tersebut, kemudian kami melanjutkan perjalanan menuju Petronas dan Petrosains, berjalan–jalan dan belajar tentang sains di Petrosains adalah salah satu moment yang luar biasa, banya pelajaran yang kami dapatkan di sana terutama ilmu yang berkaitan tentang sains, setelah berkeliling dengan wahana yang ada kami pun beristirahat dan makan siang, kemudian kami menuju Twin Tower untuk berfoto dan refreshing, berjalan–jalan hingga tengah malam sambil merakayan tahun baru di Twin Tower, sangat meriah perayaan tahun baru di sana, berbagai penampilan dari artis Malaysia, panitia kegiatan tersebut juga memungut sumbangan untuk korban Air Asia dan juga warga Malaysia lain yang terkena bencana banjir, setelah menunggu cukup lama akhir nya kembang api pun diluncurkan menandakan tahun 2015 telah datang, kembang api yang luar biasa dan banyak mewarnai langit Malaysia saat itu, warga dan turis bersorak germbira menyambut kedatangan tahun 2015. Setelah kegiatan tahun baru selesai kami pun pulang ke penginapan, cukup sulit untuk pulang kepenginapan karna suasana yang sangat ramai dan juga banyak terminal yang sudah tutup karna malam hari, setelah berusaha keras mencari taxi akhirnya kami pun sampai di penginapan pada pukul 02.00AM waktu Malaysia, istirahat dam makan, kemudian kami tidur.
Last day, 01 januari 2015 di KL, tak ada agenda yang banyak kami lakukan sama seperti hari pertama, kami hanya bangun pagi dan kemudian persiapan untuk pulang kembali ke Batam, Indonesia. Sesampainya di Batam kami pun pulang ke rumah masing – masing.
Dari Batam ke Singapura , Malaysia dan Thailand, kegiatan E-UGRAT tahun ini insya allah akan dilaksanakan di tiga negara yang berbeda setelah berhasil melakukan kegitan ke Singapura dan Malaysia tahun ini MAN 2 Batam, akan menambah satu negara Asia yaitu Thailand, kegitan tahunan ini akan selalu dilaksanakan di akhir tahun, kami berharap kegiatan tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya dan dapat meningkatkan kemampuan bahasa inggris sekaligus pengetahuan umum***